post

Teknik memasak sous vide telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Metode ini melibatkan memasak makanan dalam suhu air yang dikontrol secara ketat, yang menghasilkan hidangan yang sempurna dimasak secara merata. Apa itu teknik sous vide dan bagaimana cara kerjanya?

Sous vide berasal dari bahasa Prancis yang berarti “di bawah vakum”. Prosesnya melibatkan memasak makanan dalam kantong plastik kedap udara yang ditempatkan dalam air dengan suhu yang tepat. Makanan kemudian dimasak dalam waktu yang lama, seringkali berjam-jam, untuk mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Salah satu keuntungan utama dari teknik sous vide adalah kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban dan rasa makanan. Karena makanan dimasak dalam kantong plastik kedap udara, kelembaban alami dan rasa tidak bisa lepas. Ini berarti makanan akan tetap lezat dan tender.

Cara kerja teknik sous vide cukup sederhana. Pertama, pilih makanan yang ingin dimasak dan bungkus dalam kantong plastik vakum. Pastikan udara di dalam kantong sepenuhnya dihilangkan sebelum disegel. Kemudian, panaskan air dalam panci atau alat sous vide khusus hingga mencapai suhu yang diinginkan. Tempatkan makanan yang sudah dikemas dalam air dan biarkan memasak selama waktu yang ditentukan.

Setelah makanan selesai dimasak, Anda dapat memilih untuk memberikan finishing dengan menggoreng atau memanggang sebentar untuk memberikan warna dan tekstur yang diinginkan. Hasil akhirnya adalah hidangan yang lezat, lembut, dan merata dimasak.

Jadi, jika Anda ingin mencoba teknik memasak yang baru dan menghasilkan hidangan yang sempurna, cobalah teknik sous vide. Dengan memasak makanan dalam suhu air yang dikontrol secara ketat, Anda dapat menciptakan hidangan yang lezat dan lembut setiap kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *